Cara Menyelesaikan Bilangan Pangkat Berbentuk Pangkat Pecahan

Apa Kabar, Sahabat IDmathcirebon.

Dari judul artikelnya saja sudah ngeri mungkinyah, bilangan pangkat tapi pangkatnya bentuk pecahan. Kemarin-kemarin kan sahabat IDmathcirebon sudah belajar bilangan pangkat dengan bilangan bulat. Masih sederhana bukan untuk bilangan pangkat dalam bilangan bulat, masih bingung? Tanyakan ke IDmathcirebon.

Sahabat IDmathcirebon, setelah anda belajar atau mengingat kembali tentang pangkat suatu bilangan mulai dari bulat negatif dan nol. Pada artikel ini akan dipelajari sifat-sifat bilangan pangkat dan bagaimana kalau pangkat itu dalam bentuk pecahan. Untuk mempermudah sahabat idmathcirebon menyelesaikan pangkat pecahan, yang harus sahabat kuasai adalah sifat-sifat dari bilangan pangkat itu sendiri.

Sifat Pangkat Bilangan Bulat

Sifat pangkat bilangan bulat secara umum ada delapan sifat. Sahabat IDmathcirebon harus bisa mengetahui karaktersitik dari masing-masing sifat. Silahkan kaji satu-satu, ulangi dengan benar.

Apabila sahabat IDmathcirebo memiliki suatu sembarang bilangan real a dan b dengan m dan n adalah suatu bilangan bulat, maka memenuhi sifat-sifat berikut ini.

Sifat sifat bilangan berpangkat

Gambar di atas menunjukkan delapan sifat-sifat dari pangkat bilangan bulat, dalam ujian nasional soal tipe ini sering keluar loh.

Pangkat Bilangan Pecahan

Katanya mau membahas bilangan berpangkat, ko belum juga? Tenang Sahabat IDmathcirebon, sebelum Sahabat IDmathcirebon mulai mengihitung-hitung bilangan berpangkat dalam bentuk pecahan. Sebaiknya sahabat IDmathcirebon tahu dulu konsep bilangan berpangkat pecahan. Tahu tidak? Kalau bilangan pangkat pecahan itu dapat kita kaitkan loh dengan bentuk akar.

Ko bisa? Ya tentu bisa, namanya juga matematika. Ada masalah pasti ada solusinya, heheh. Mari kita pelajari dahulu tentang bagaimana merubah bentuk pangkat ke dalam bentuk akar. Masih belum tau juga bentuk akar bagaimana, walah giman ini sahabat IDmathcirebon. Kalau begitu langsung saja deh, perhatikan pernyataan di bawah ini.

Rumus Pangkat Pecahan dan bentuk akar

Konsep pada gambar di atas, cara melakukan perubahan bentuk dari bentuk akar ke bentuk bilangan pangkat pecahan atau juga sebalik dalam bentuk pangkat pecahan ke dalam bentuk akar.

Jangan lupa yah ...

Catatan: sahabat IDmathcirebon ingat yah sifat-sifat bialngan berpangkat yang ada delapan, kesemuanya dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan pada bilangan berpangkat pecahan.

Contoh Soal Pangkat Pecahan dan Pembahasan

Contoh 1. Bentuk sederhana dari adalah ...

Pembahasan:

= (33–2a–5–(–7)b–1–(–5))–1

= (3–2a–5+7b–1+5)–1

= (3–2a2b4)–1

= (32a–2b–4)

=

Jadi, bentuk sederhana dari adalah .

Contoh 2. Bentuk sederhana dari = ...

Pembahasan:

= (x3–(–7)y –4–(–1)z –6–(–4))

=  (x3+7y –4+1z –6+4)

=  (x10y –3z –2)

=

Jadi, Bentuk sederhana dari = .

Contoh 3. Nilai dari , untuk a = 2, b = 3, dan c = 5 adalah ...

Pembahasan:

= (a2–(–2)b 3–1c –1–2)

= (a2+2b 2c –3)

= (a 4b 2c –3)

=

Jika a = 2, b = 3, dan c = 5, kita peroleh:

= =

Jadi, nilai kita peroleh untuk a = 2, b = 3, dan c = 5 adalah .

Contoh 4. Bentuk sederhana dari adalah ...

Pembahasan:

=

=

=

=

Jadi, Bentuk sederhana dari = .

Contoh 5. Bentuk sederhana dari adalah ...

Pembahasan:

=

=

a6 b2 c –1

=

=

Saya Muhammad Irfan Habibi berharap artikel Cara Menyelesaikan Bilangan Pangkat Berbentuk Pangkat Pecahan membantu Anda. Silahkan bergabung  dengan saya untuk konsultasi PR Matematika. Kunjungi Fanspage IDmathcirebon di Facebook ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *