Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Mempelajari Statistik

Statistik | atau statisika ? Dua istilah yang hampir sama namun jika kita tinjau dari definisi, dua istilah tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Pengertian statistik merupakan kumpulan data, bilangan maupun non-bilangan yang disusun dalam tabel dan atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan, misalnya statistik kunjungan wisatawan

Peran Pentinyanya statistika

IDmathcirebon - Peran Pentinyanya statistika

ke Indonesia, statistik hotel, statistik restoran, dan lain-lain, sedangkan pengertian statistika dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pegolahan atau penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan secara ilmiah. Sekilas dari definisi di atas kita dapat sedikit gambaran mengapa Anda harus mepelajari statistik.

Statistik atau statistika merupakan kajian keilmuan matematika, karena didalamnya terpaut dengan rumus-rumus dan angka. Statistika atau statistika adalah mata pelajaran yang dipelajari dari jenjang SD sampai perguruan tinggi dengan tingkat kedalaman belajar yang berbeda. Ini bukti bahwa statistik atau statistika sangat begitu penting.

Pernahkan Anda mengalami, mengetahui, atau mendengar keramaian yang terjadi pada gambar di atas. Jika kita tinjau secara ilmu statistik, artinya kepadatan penduduk semakin banyak. Apa yang akan terjadi jika kepadatan penduduk di suatu daerah menigkat ? Dengan memperlajari statistik, kita dapat mengentahui kepadatan penduduk disuatu desa, kota, atau sampai negara. Ini lah salah satu alasan mengapa Anda harus mempelajar statisik.

Alasan Kenapa Anda Belajar Statistik

Dari kisah gambar di atas, setidaknya Anda sudah memahami kenapa Anda belajar statistik. Kali ini saya akan memberikan kenapa Anda belajar statistik secara ilmiah berdasarkan keilmuan pendidikan.
Didalam dunia pendidikan terdapat istilah statistik pendidikan, statistika pendidikan adalah ilmu. Berikut kegunaan jika Anda mempelajari statistik pendidikan.

  1. Statistika digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa
  2. Statistika digunakan untuk mengetahui apakah pembelajaran yang kita gunakan berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa

Tanpa kita sadar, statistika atau statistik telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pernyataan seperti: tiap bulan habis Rp77.000,00 untuk keperluan rumah tangga, ada 77% pendudukan yang memerlukan perumahan, setiap hari, terjadi 13 kecelakaan kendaraan di Jawa Bara. Berikut alasan kenapa Anda harus belajar statistik.

  1. Pemerintah menggunakan statistika atau statistik untuk menilai hasil pembangunan masa lalu dan membuat rencana masa datang.
  2. Pemimpin menggunakan statistika atau statistik untuk melakukan tindakan-tindakan, diantaranya: a) perlukah mengangkat pegawai bari; b) sudah waktunyaka untuk membeli mesin baru; c) bermanfaatkah pegawai ditatat; d) bagaimanakah kemajuan usaha tahun-tahun yang lalu, dll.
  3. Duni penelitian atau riset menggunakan statistik atau statistika seperti: a) apakah cara yang baru ditemukan lebih baik daripada cara lama; b) apakah model untuk sesuatu hal dapat kita anut atau tidak; c) apakah faktor yang satu dipengaruhi atau mempengaruhi faktor lainnya, dll.

Sesungguhnya, statistika atau statistik sangat diperlukan buka saja hanya dalam pemerinta, pemimpin perusahaan, atau penelitian, tetapi juga perlu dalam bidang pengetahuan lainnya seperti: teknik, industri, ekonomi, astronomi, biologi, kedokteran, asuransi, pertanian, perniagaan, bisnis, sosiologi, antropologi, pendidikan, psikologi, meteorologi, geologi, farmasi, ekologi, pengetahuan alam, pengetahuan sosial, dan lain sebagainya.

Apakah Anda masih tidak ingin belajar statistik atau statistika ? yap, keputusan Anda tentu berlandaskan alasan, begitu juga statistik memiliki alasan kenapa harus dipelajari.