Penelitian Berbasis Kompetensi

Penelitian Berbasis Kompetensi

Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh dosen dalam melaksanakan tugas tridarmanya. Dosen yang melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat harus konsisten dengan bidang ilmu dan atau mata kuliah yang diampu dan pengembangannya sekaligus menjadi tanggung jawabnya.

Dengan Penelitian Berbasis Kompetensi (PBK) ini, diharapkan dosen lebih leluasa memperdalam, memperluas, dan mendiseminasikan hasil pelaksanaan tridharma. Secara lebih khusus, dengan penelitian ini diharapkan dosen selalu konsisten menekuni bidang ilmunya, sehingga program penelitiannya tuntas dan menjadi peneliti terbaik di bidangnya. Penelitian ini juga penting guna memudahkan pemerintah mengidentifikasi dan memetakan kompetensi dosen/peneliti di Indonesia.

Program Penelitian Berbasis Kompetensi dapat digunakan untuk membantu guru besar dan Lektor Kepala yang memenuhi persyaratan skema dalam menghasilkan publikasi ilmiah sesuai Permenristekdikti Nomor: 20 tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *