Penelitian Penciptaan dan Penyajian Seni

Penelitian Penciptaan dan Penyajian SeniSkema Penelitian Penciptaan dan Penyajian Seni (PPPS) atau (P3S) merupakan upaya dari DRPM Ditjen Penguatan Risbang untuk menanggapi kebutuhan yang serius dari peneliti pencipta dan penyaji seni di Indonesia yang berada di perguruan tinggi seni dan fakultas atau program studi seni. Riset penciptaan dan penyajian seni tidak dapat dengan mudah dilakukan dengan mengacu pada pedoman penelitian umum karena memiliki ciri khusus dalam hal luaran, tahapan maupun metode penelitiannya. Salah satu kekhususan tersebut adalah langkahnya yang lebih banyak menekankan pada sifat reflektif dan intuitif yang sangat bergantung pada kepekaan pencipta dan penyaji seni itu sendiri. Dengan kondisi ini tidak mudah untuk melakukan standarisasi dalamriset penciptaan.

Hilirisasi bidang-bidang penciptaan dan penyajian seni memiliki banyak keunggulan berupa peningkatan kehalusan budi pekerti, peneguhan karakter bangsa, dan untuk mengangkat nilai kompetitif bangsa Indonesia dalam percaturan diplomasi internasional. Hal ini karena penciptaan dan penyajian seni berbasis nilai-nilai lokal dan nasional mampu membawa kekhasan dalam pementasan atau pameran. Dengan keunggulan ini, maka kebutuhan untuk mendorong pusat-pusat kesenian dan kebudayaan untuk mengkaji penciptaan dan penyajian seni berbasis nilai lokal dan nasional dari seluruh Indonesia menjadi penting.

Bidang-bidang penciptaan dan penyajian seni dapat mencakup beberapa hal sebagai berikut:
a. penciptaan karya seni (pertunjukan, rupa, dan media rekam) untuk mengikuti festival atau lomba, pertunjukkan, pameran, pewayangan tingkat lokal, regional, nasional, internasional;
b. penciptaan film dokumenter yang bernilai sejarah;
c. penciptaan lagu-lagu nasional untuk mendukung karakter bangsa;
d. penciptaan musik dan alat musik tradisional dan nasional;

Pengembangan bidang-bidang penciptaan dan penyajian seni dapat disesuaikan dengan kekhususan yang dikembangkan di institusi pendidikan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *