Pentingnya Belajar Matematika Sosial (Aritmetika Sosial)

Aritmatika Sosial Bantu Bisnis

IDmathcirebon - Aritmatika Sosial Bantu Bisnis

Aritmetika Sosial – merupakan materi yang Anda pelajari di kelas VII. Perhatikan gambar di atas. Gambar di atas menginformasikan disko-diskon dari beberapa produk yang ditawarkan oleh salah satu swalayan. Akan ada rasa ingin membeli produk yang penuh dengan diskon, bukan?!.

Jika Anda pernah pergi ke toko yang menawarkan diskon terhadap produk-produknya? Diskon atau sering disebut dengan potongan harga. Jika anda membeli barang dengan potongan harga (diskon), maka anda hanya akan membayar sebagian dari harga normal barang tersebut.

Pada gambar di atas, misalkan diketahui sebuah baju adalah Rp200.000,00 dan diskon yang tertera adalah 50%. Berapakah harga baju yang harus dibayar sesudah mendapat diskon? Dengan belajar aritmetika sosial, Anda dapat menentukan harga baju setelah mendapatkan diskon. Ada kemungkinan semakin besar diskon, harga baju akan menjadi lebih murah. Asyik bukan belajar aritmetika sosial.

Beberapa Contoh Penerapan Aritmetika Sosial

Seorang pedagang membeli jeruk sebanyak 40 kg dengan harga Rp6.500,00 per kg. Kemudian 30 kg di antranya di jual dengan harga Rp7.000,00 per kg, dan sisanya dijual dengan harga Rp6.000,00 per kg. Tentukan harga pembelian, harga jualanan, dan besar untung ruginya.

Pa Togar mendapatkan untung 80% dari harga pembelian seekor sapi. Jika Pak Togar memperoleh untung Rp680.000,00, tentukan harga penjualan sapi tersebut.

Belajar juga : Harga Pembelian dan Penjualan Suatu Barang

Hanik menabung pada sebuah bank sebesar Rp6.000.000,00 dan mendapat bunga sebesar 12% per tahun. Jika besar bunga yang diterima bank Rp540.000,00, tentukan lama Hanik menabung.

Harga beras Rp4.800,00 per kg. Saat ini, harga tersebut naik dengan perbandingan 4 : 3. Berapakah harga beras itu sekarang ?

Contoh di atas merupakan sebagian dari beberapa contoh yang dapat anda gunakan aritmetika sosial untuk membantu menyelesaikannya. Dan masih banyak lagi contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan aritmetika sosial.

Kesimpulan. Dengan belajar aritmetika sosial, diharapkan membantu anda dalam bidang bisnis atau juga perdangan yang anda bangun. Yuk, mulai sekarang untuk menumbuhkan kemauan belajar aritmetika sosial.