Ujian Nasional SMP Tahun 2014 Dengan Nilai Matematika Tertinggi

Tahukah Anda kalau pemerintah telah menetapkan standar kelulusan (KTSP) atau kompetensi lulusan (Kurikulum 2013)? Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan Indonesia berkualitas, pemerintah menetapkan SKL (standar kelulusan). SKL akan memberikan dampak pada jenis soal ujian nasional khususnya matematika SMP. Artinya soal-soal yang disusun berdasarkan acuan SKL pemerintah yang telah ditetapkan.

Agar Anda tahu standar kelulusan dan kompetensi kelulusan, jangan berhenti untuk membaca artikel ini.

7 Standar Kelulusan SMP

  1. Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana (barisan aritmetika dan sifatsifatnya), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
  2. Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

    SKL dan Kompetensi Lulusan

    IDmathcirebon - SKL dan Kompetensi Lulusan

  3. Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaringjaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
  4. Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
  5. Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah.
  6. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan.
  7. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama

3 Kompetensi Lulusan SMP

  1. Sikap – Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  2. Pengetahuan – Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
  3. Keterampilan – Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis.

Sekian artikel Ujian Nasional SMP Tahun 2014 Dengan Nilai Matematika Tertinggi semoga bermanfaat. Jangan lupa gabung kursus online matematika IDmathcirebon $27 per tahun.

Download Naskah Soal UN Matematika SMP 2013

Try Out UN Matematika SMP 2014

Tryout online ini diperuntukan untuk adik-adik agar lebih mantap lagi dalam mengukuti ujian nasional tahun 2013 khususnya mata pelajaran matematika.
  1. Jumlah soal sebanyak 40 butir, pada setiap soal terdapat 4(empat) pilihan jawaban
  2. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan Naskah Soal Try Out
  3. Klik tombol Start Quiz untuk memulai try out